Capaian Pembelajaran

NO ASPEK KOMPETENSI CAPAIAN PEMBELAJARAN
1 Sikap
Memiliki Sikap Yang Berbudi Luhur

 

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Psikologi

 

Singkatan

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Sikap (S)

S1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

S2

Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

 

S3

Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

S4

Mampu berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab

pada negara dan bangsa.

 

S5

Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal

orang lain.

S6

Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta

kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

S7

Mampu menaati hukum dan disiplin dalam kehidupan

bermasyrakat dan bernegara.

S8

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

S9

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan

di bidang keahliannya secara mandiri.

2 Pengetahuan
Memiliki Pengetahuan Tentang Konsep Dan Teori Psikologi

 

P1

Mampu menguasai konsep dasar teori psikologi untuk

menggambarkan dan menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok, organisasi, dan komunitas.

 

P2

Mampu memahami dan menerapkan metode penelitian dasar psikologi termasuk rancangan penelitian, analisis data dan

interpretasinya.

 

P3

Mampu memahami konsep dasar asesmen psikologis dalam menganalisis gejala psikologis pada individu, kelompok,

organisasi dan masyarakat.

 

P4

Memahami konsep intervensi non-klinis berdasarkan

prinsipprinsip perubahan tingkah laku pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat.

P5

Mampu menguasai prinsip-prinsip literasi data dan komunitas.

3 Keterampilan Umum
Memiliki Keterampilan Umum Yang Relevan Dengan Kebutuhan Lapangan Pekerjaan

 

 

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang

keahliannya.

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.

 

 

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka

menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

 

KU4

Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan

mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

 

KU5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil

analisis informasi dan data.

 

KU6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di

luar lembaganya.

 

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang berada di bawah

tanggungjawabnya

 

KU8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok

kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

 

KU9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan

mencegah plagiasi.

 

KU10

Mampu mempublikasikan karya akademik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir yang diunggah dalam laman

perguruan tinggi.

 

KU11

Mampu beradaptasi, bekerjasama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia

yang berwawasan global

KU12

Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan

mencegah terjadinya praktek plagiarism.

KU13

Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks

pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian.

4 Keterampilan Khusus
Memiliki Kemampuan Kerja Khusus Di Bidang Psikologi Yang Berpedoman Pada Kode Etik Psikologi

 

KK1

Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode

Etik Psikologi Indonesia.

KK2

Mampu mengembangkan instrumen pengukuran psikologi

berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik dan modern.

 

KK3

Mampu menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan

masalahnya yang sudah ada.

 

 

KK4

Mampu melakukan intervensi psikologi non-klinis untuk perubahan perilaku individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi

dan Kode Etik Psikologi Indonesia.

KK5

Mampu memperoleh informasi dari data dan melakukan

analiasi data secara bertanggung jawab.

 

KK6

Mampu memperoleh serta mengolah informasi melalui penggunaan teknologi secara bertangung jawab dalam konteks

psikologi.

KK7

Mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi

penelitian kuantitatif dan kualitatif generik.

 

KK8

Mampu menuangkan pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah sesuai dengan

kaidah etik dan profesionalisme.

 

KK9

Mampu merencanakan dan mengembangkan karier dan pengembangan dirinya sendiri (career and personal

development).

KK10

Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan

Kode Etik Psikologi Indonesia.

LEARNING ACHIEVEMENTS

NO ASPECTS COMPETENCES LEARNING ACHIEVEMENTS
1 Attitude
2 Knowledge
3 General Skills
4 Special Skills